Senin, Januari 19, 2009

Persiapan Kunjungan Pastoral Uskup

Tangerang, 18 Januari 2009

Rapat Pleno ketua-ketua lingkungan diadakan secara mendadak dan khusus hanya membahas tentang keperluan yang harus dipersiapkan menjelang kunjungan pastoral Uskup Agung Jakarta ke Paroki St. Maria - Tangerang, pada tanggal 22 Maret 2009 nantinya.

Banyak hal yang Dewan Paroki harus persiapkan salah satunya dan yang terpenting adalah mengenai laporan evaluasi pastoral paroki.
Salah satu komponen dari evaluasi pastoral adalah mengenai evaluasi kegiatan dari tiap lingkungan.

Untuk itulah hari minggu kemarin baik di St. Maria, maupun di St. Gregorius diadakan rapat pleno ketua-ketua lingkungan, mengapa diadakan di dua tempat ?

Jawabannya adalah untuk mempermudah dalam hal pengolahan datanya, karena jika digabung semua maka Dewan Paroki harus mengelola data lebih dari 90 lingkungan.
Dan ini membutuhkan waktu yang lebih panjang, karena itu dengan adanya pemisahan antara St. Maria dengan St. Gregorius, maka nantinya data dari St.Gregorius yang diberikan kepada St. Maria adalah data yang sudah diolah dari semua lingkungan yang ada di St. Gregorius, ini gunanya untuk mempercepat proses pengolahan data.

Pada pertemuan hari minggu kemarin ini, banyak sekali ketua lingkungan yang mengeluh, mengapa lagi-lagi pendataan umat, bahkan ada ketua lingkungan yang semasa jabatannya sampai saat ini sudah melakukan 3x pendataan seperti ini, dan tidak pernah ada 'follow up' setelah itu. Dewan Stasi sangat mengerti dan mengetahui kesulitan para ketua lingkungan,setelah dijelaskan mengenai sasaran utama dari kinerja Dewan tahun ini adalah dalam hal administrasi dan liturgis dimana juga memikirkan kedepan semua hal administrasi termasuk tentang pendataan umat ini, akhirnya para ketua lingkungan maklum dan mereka mau mengerti akan situasi yang ada.

Pada saat pertemuan itu juga diputuskan untuk lingkungan baru yang baru mau melakukan pemekaran dan juga yang belum ada surat tugas, mereka ini tidak melakukan atau tidak mengisi form pendataan ini, tapi yang mengisi adalah lingkungan awal dengan data lingkungannya yang belum dipecah.

Dan selain diawasi langsung oleh ketua-ketua Wilayah, tiap-tiap wilayah juga akan didampingi oleh seorang anggota dewan, yang bertugas hanya memonitor saja pelaksanaan pendataan ini.

Dengan jadwal penyerahan terakhir tanggal 1 Februari 2009 diharapkan data bisa dipersiapkan sesuai jadwal yang sudah di rencanakan.

Selamat Bekerja untuk semua Ketua Lingkungan, Tuhan menyertai anda dan keluarga anda.

Shaloom..

Tidak ada komentar: