Selasa, Maret 17, 2009

Tanggung Jawab terhadap Masyarakat

Minggu Prapaskah III :
Bertanggung Jawab Terhadap Masyarakat
( Mat 14 : 13 - 21 ; 25 : 31 - 46 )

1. Tujuan :
- Menyadari dan memahami hak dan kewajiban sebagai masyarakat.
- Menyadari dan mengerti bahwa semua orang adalah anak-anak Allah.

2. " Kamu harus memberi mereka makan "
- Kalimat tersebut merupakan perintah Yesus kepada para muridNya. "Mereka" adalah semua orang tanpa membedakan suku, agama, dan ras tertentu. Mereka adalah orang-orang disekitar kita, se-RT se- RW. Bersama mereka , kita adalah anak-anak Allah yang berziarah menuju rumah Bapa. Sebagai warga masyarakat, mereka dan kita, tidak luput dari kekurangan, namun juga mempunyai harapan kedepan yang lebih baik. Maka sepantasnya kita mengusahakan yang terbaik bagi masyarakat kita. "Bertolong - tolonglah menanggung bebanmu" ( Gal 6:2 ).
- Kita tidak bisa hanya "berfokus pada keenakan diri sendiri".
- KonsiliVatikan II menyatakan : "Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan, orang-orang jaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga". (GS art 1). Kristus mengajak kita untuk bermurah hati ( Luk 6 : 36 ), dan ajakan tersebut harus kita wujudkan secara konkret, terutama kepada orang-orang yang menderita ( Mat 25:36). Kita tidak ingin menggurui, menguasai apalagi menaklukkan, melainkan ingin mewujudkan diri sebagai garam dan terang bagi masyarakat. Dengan segala usaha dan tanggung jawab kita terhadap masyarakat, kita telah menjadi saksi sebagai murid-murid Kristus : "Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-muridKu" ( Yoh 13 : 35 ).
- Memang banyak terjadi kesalahpahaman, ketidak sukaan terhadap kita. Kita tidak perlu menyalahkan mereka, tetapi mawas diri kita sendirilah yang tidak mengenal mereka, tidak memahami cara pandang dan agama mereka. Kita sering di cap "tertutup", kurang bergaul, dan mengelompok sebagai komunitas tersendiri. Makasetiap peluang dimana kita harus hadir dan terlibat di tengah masyarakat harus kita manfaatkan: mulai dari kerja bakti sampai menjadi pengurus kemasyarakatan setempat.

3. Pertanyaan Refelksi :
- Apa saja keprihatinan masyarakat di RT kita saat ini ?
- Sumbangan konkret apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat kita ?
- Mengapa mereka sering menolak "rasa Katolik" ?
( MS, 150309)

Tidak ada komentar: